Kamis, 02 Februari 2012

Automatic Headlight On (AHO)



Solusi Tepat dalam Menurunkan Angka Kecelakaan

PT. Suzuki Indomobil Motor selaku produsen sepeda motor di Indonesia menyadari betul pentingnya keselamatan dan keamanan berkendara, oleh karena itu sebagai upaya mensukseskan program pemerintah mengenai kampanye safety riding sekaligus mentaati Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 khususnya pasal 107 ayat (1) dan (2) tentang kewajiban pengendara sepeda motor menyalakan lampu utama pada malam dan siang hari, maka Suzuki mendukung penuh dengan mengeluarkan produk sepeda motor yang dilengkapi dengan system AHO (Automatic Headlight On), bahkan Suzuki menjadi pelopor, karena Suzuki Titan 115 telah dilengkapi teknologi ini sejak akhir tahun 2010.

Dari berbagai data dan fakta, dengan menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang hari dapat menekan angka kecelakaan secara signifikan.

Tentulah tidak mudah untuk merubah kebiasaan masyarakat yang semula hanya menyalakan lampu utama pada malam hari dan sekarang dituntut untuk setiap saat menyalakan lampu kendaraannya, namun demikian demi keamanan dan keselamatan berkendara, tentunya hal ini akan jauh lebih penting apabila dibandingkan dengan hal-hal yang lain, yang selama ini dirasa menjadi hambatan, sebagaimana diungkapkan oleh Roys Sampetanna dari 2W DND PT. Suzuki Indomobil Sales.

Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mensosialisasikan hal ini maka pada Selasa, 10 Mei 2011 PT. Suzuki Indomobil Sales dan PT. Sinar Galesong Pratama – Makassar menggelar sosialisasi UU No. 22 Tahun 2009 khususnya Pasal (1) dan (2).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Penamas Makassar ini diikuti tidak kurang dari 100 salesman dari provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, kegiatan yang digagas oleh Dealer Network Develompment PT. Suzuki Indomobil Sales bersama PT. Sinar Galesong Pratama ini, menghadirkan keynote speaker Kepala Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat Kombes (Pol) Drs. Adnas, M.Si dan didampingi Victor Assani yang membawakan latar belakang kemunculan AHO, serta Josep Antony yang mengupas AHO dari tinjauan teknis.

Dalam pengarahannya, Kombes (Pol) Drs. Adnas, M.Si mengatakan bahwa menyalakan lampu utama adalah kewajiban setiap pengendara sepeda motor dan ini adalah untuk keselamatan berkendara, karena keselamatan dan keamanan berkendara tidak hanya tanggung jawab polisi saja, melainkan semua pihak, termasuk pengendara itu sendiri. Disisi lain Kaditlantas Polda Sulselbar ini juga memuji kegiatan sosialisasi seperti ini serta akan mendukung sepenuhnya kegiatan yang dilakukan Suzuki ini.

Pada kesempatan lain, Josep Antony yang juga merupakan Group Leader 2W Service Training mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan antara menyalakan lampu utama dengan "tekornya" battery atau accu, karena pada sepeda motor Suzuki yang sudah mengadopsi teknologi AHO, pengambilan arus listrik bukan melalui battery, melainkan menggunakan spull penerangan. Disamping itu anggapan lain seperti model AHO akan mempermudah bola lampu putus juga ditepis oleh Josep.

Menjawab berbagai pertanyaan dari peserta berkaitan dengan penolakan dari beberapa konsumen berkaitan dengan produk yang mengadopsi teknologi AHO, Victor Assani mengatakan bahwa hal yang paling mendasar adalah perlunya ditanamkan kepada konsumen bahwa lampu utama yang menyala pada siang hari akan dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan, karena pengendara sepeda motor tidak hanya bisa melihat sepeda motor lain karena lampunya menyala, akan tetapi pengendara sepeda motor tersebut juga semakin bisa dilihat oleh pengendara lain, karena adanya pantulan cahaya, dan hal tersebut juga telah diatur oleh Undang-Undang, disamping juga dijelaskan dengan sudut pandang psikologis maupun fisiologis.

Pemerintah sudah mengeluarkan regulasi, pihak produsen sepeda motor khususnya Suzuki telah mengeluarkan produknya sesuai dengan himbauan pemerintah, sekarang tinggal bagaimana kita mensosialisasikan dan menyadarkan akan teknologi baru ini kepada masyarakat, hal yang sepertinya sepele namun berdampak yang sangat besar, betapa pentingnya keselamatan dibandingkan dengan tidak menyalanya lampu utama.

ARTKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me On Twitter