Rabu, 15 Februari 2012

Naik Motor Aman ala Mick Doohan

Naik Motor Aman ala Mick Doohan


img
Mick Doohan (Reuters)

Setelah tidak membalap di lintasan MotoGP lagi, Mick Doohan kini sibuk melakukan kampanye mengendarai motor yang aman. Apa saja trik dan tips mengendarai motor dari juara 5 kali MotoGP 500 cc ini?

"Hampir 50 persen kecelakaan motor terjadi di perempatan, dan biasanya melibatkan kendaraan lain juga. Jadi anggap perempatan ini sebagai black spot," ujar Doohan dalam sebuah video yang dirilis oleh Motorcycle Accident Commission, dimana Doohan menjadi duta besarnya.

Berikut tips lengkap mengendarai motor dari Mick Doohan seperti dilansir allaboutbikes, Selasa :

1. Siapkan jarak dengan kendaraan depan. Jarak minimal dengan kendaraan di depan bisa diukur dengan aturan hitungan waktu 2 detik. Jadi jika sesuatu terjadi di depan kita, kita bisa bereaksi dengan tepat dan keluar dari masalah.

2. Ketika harus menyelip-nyelip di antara kendaraan, selalu asumsikan kendaraan di depan tidak tahu motor Anda akan masuk di antara celah-celah sempit. Jangan mengharapkan kendaraan tersebut tahu kalau motor yang Anda kendarai akan menyelip.

3. Blind spot merupakan masalah besar bagi pengendara motor. Apalagi dengan spion yang kecil dan menggunakan helm, akan lebih banyak banyak blind spot. Selalu menengok ke kiri dan kanan khususnya ketika mengganti lajur, atau memutar balik.

4. Anggap diri Anda tidak kelihatan. Berkendara lah seperti pengendara lain, pengendara sepeda dan pejalan kaki tidak melihat Anda.

5. Ketika mendekati perempatan jalan atau berkendara di jalanan padat, untuk menghentikan laju motor dengan cepat bisa menggunakan rem depan.

ARTKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me On Twitter