Kamis, 02 Februari 2012

Suzuki Luncurkan Matik Paling Irit* : NEX




Suzuki Luncurkan Matik Paling Irit* : nex


IRIT - LINCAH - GAYA


Jakarta, 15 Desember 2011

Pasar motor matik atau skutik terus tumbuh tiap tahunnya. Dari Januari hingga November 2011 pasarnya tumbuh 25% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Di tahun 2011 ini penjualan motor matik diperkirakan akan melebihi angka empat juta unit. Akibatnya, kontribusi motor matik untuk total pasar kendaraan roda dua lebih dari 50%. Meskipun di kelas motor matik ini volume penjualan Suzuki belum menggembirakan, Suzuki tetap berinovasi untuk menjawab kebutuhan pasar roda dua Indonesia, khususnya pengguna motor matik. Indonesia dipilih Suzuki sebagai negara pertama untuk memperkenalkan skutik terbarunya karena dianggap pasar penting di dalam bisnis kendaraan roda dua.

Di tengah booming penjualan motor matik inilah Suzuki meluncurkan motor matik atau skutik terbaru andalannya, Suzuki nex. Skutik yang akan menjadi andalan Suzuki di kelas matik 110 cc ini dikembangkan dengan mesin dan body yang secara total baru memililki fitur yang siap bersaing dengan motor matik di kelasnya, yaitu irit, lincah dan gaya. Untuk merealisasikan hal tersebut, Suzuki dihadapkan pada tantangan untuk mengembangkan mesin, frame dan design baru dari titik nol. Selain untuk gaya, kemudahan berkendara ternyata juga menjadi pertimbangan konsumen saat membeli motor matik. Tapi seiring makin besarnya pasar motor matik, konsumen akhirnya membutuhkan matik yang irit BBM. Ini karena motor matik kini telah menjadi alat transportasi sehari-hari yang utama bagi sebagian besar konsumen Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan akan matik irit BBM ini Suzuki menciptakan mesin motor matik yang irit, lincah dan gaya. Tentu saja fitur yang paling diunggulkan adalah konsumsi BBM-nya yang mencapai angka 79,6 km/liter*.

Bertempat di Hotel Mercure Ancol, acara launching Suzuki nex 15 Desember 2011 dengan brand ambassador nex, yaitu SM*SH dan Maudy Ayunda. Mereka dipilih menjadi duta Suzuki nex karena mewakili generasinya yang gaya, aktif, lincah, dinamis dan kreatif. Karakter ini sesuai dengan keunggulan Suzuki nex yang irit, lincah dan gaya. Selain karena keunggulan fitur-fiturnya, pemilihan SM*SH dan Maudy menjadi duta nex diharapkan bisa mengangkat Suzuki nex sebagai brand yang disukai remaja dan semua kalangan usia. Meskipun menyasar ke kalangan remaja, skutik Suzuki ini dapat dikendarai semua anggota keluarga karena bodinya yang ringan dan tinggi jok yang rendah.

Dengan mesin dan teknologi baru, skutik 113 cc Suzuki ini hadir dengan beberapa fitur unggulan seperti irit BBM, bodi ringan, ukuran kompak, tenaga besar, 6 pilihan warna dengan 2 jenis striping. Mesin nex diklaim sebagai yang paling irit di kelas motor matik 110 cc. Hal ini dibuktikan dengan telah diperolehnya Rekor MURI untuk kategori motor matik paling irit. Angka yang dicapai cukup fantastis, yaitu 79,6 km/liter. Rekor ini dipecahkan di Sirkuit Sentul pada 20 Oktober 2011 dengan metode pengetesan tangki bensin diisi penuh, kecepatan konstan 40 km/jam selama 30 menit. Dengan keunggulan irit BBM ini diharapkan Suzuki nex mampu merebut pangsa pasar di kelas matik standar yang cukup besar. Keyakinan Suzuki ini diwujudkan dengan mengusung slogan Suzuki nex, IRIT - LINCAH - GAYA.

Desain Suzuki nex dibuat dari nol. Dengan membawa konsep ringan, efisien dan bertenaga, Suzuki nex dirancang untuk memiliki tenaga besar tapi tetap irit BBM.
Ini bisa dilihat dari volume silindernya yang 113 cc, tapi mampu mencapai daya maksimum 9,4 ps / 8.800 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 8,7 Nm/6.500 rpm. Untuk meningkatkan efisiensi BBM nex, Throttle Position Sensor (TPS) juga digunakan untuk mengatur pengapian sesuai posisi gas. Bobot nex yang hanya 87 kg dan tinggi jok 735 mm membuat Suzuki nex mudah dikendarai oleh pengendara pemula, terutama wanita. Dengan bobot yang ringan ini, Suzuki nex jadi lincah bermanuver dan akselerasinya prima. Bodi nex yang ramping (665 mm) juga membuatnya mudah parkir di tempat sempit. Keuntungan lain dari bodi ringan selain konsumsi BBM-nya jadi lebih efisien adalah parkir menggunakan standar tengah jadi lebih mudah. Kelebihan nex lainnya adalah untuk kenyamanan disediakan 2 buah rak penyimpanan yang mampu menyimpan botol minuman sebesar 500 ml masing-masing di bagian depan dan bagasi bawah jok yang paling besar di kelasnya, yaitu 4,8 liter.

Meskipun beberapa bagiannya dibuat ringan, bukan berarti Suzuki nex menjadi matik murahan dan didesain tanpa perhitungan. Sebagai salah satu pembuat motor berkualitas dunia, Suzuki menggunakan bantuan Computer Aided Engineering (CAE) untuk mengurangi hambatan mekanis dan gesekan secara keseluruhan. 6 pilihan warna yang keren disediakan untuk gaya yang berbeda, yaitu: hijau, putih, pink, merah, hitam dan biru tersedia dalam 2 jenis striping keren. Velg nex yang casting wheel juga menjadi daya tarik tersendiri. Velg nex mempunyai rongga di tengahnya untuk mengurangi bobotnya dan memudahkannya saat bermanuver. Dengan semua keunggulan di atas, Suzuki nex yakin bisa bersaing di kelas matik 110 cc. Untuk membuktikan betapa irit, lincah dan gayanya Suzuki nex, media massa yang hadir saat peluncuran diajak untuk melakukan test ride. Masyarakat luas pun diundang untuk membuktikan sendiri keunggulannya di dealer-dealer Suzuki.

Menyinggung target penjualan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menetapkan angka sedikitnya 200.000 unit di tahun pertama. Dengan target ini diharapkan Suzuki bisa meraih pangsa pasar sampai 10% di kelas skutik standar. Untuk mencapai target ini PT Suzuki Indomobil Sales mempertimbangkan harga jual yang kompetitif dan terjangkau. Harga On The Road nex dipatok pada angka Rp 12.350.000,- sudah termasuk velg casting wheel. Usaha Suzuki ini diikuti pula dengan kesiapan jaringan layanan penjualan dan purna jualnya yang terus bertambah. Saat ini dealer Suzuki yang langsung berada di bawah PT. SIS telah mencapai angka 110 dealer sementara di bulan Maret 2010 hanya ada 38 dealer. Jumlah showroom juga bertambah menjadi sekitar 1000 showroom di seluruh Indonesia dan saat ini telah siap melaksanakan aktivitas di setiap jaringan seperti traffic showroom, pameran, canvassing dan sebagainya. Dengan seluruh persiapan ini, Suzuki berharap kehadiran nex akan mengubah peta pasar kendaraan roda dua Indonesia dan menjadikan Suzuki yang terdepan, khususnya motor matik. Hal ini sejalan dengan slogan yang digaungkan Suzuki, yaitu Change & Challenge. Kami percaya perubahan akan terjadi melalui nex.


Suzuki nex, “IRIT - LINCAH - GAYA”


* Rekor MURI untuk motor matik kelas 110 cc dengan metode tertentu.







SUZUKI MOTOR CORPORATION (SMC)


Participant List on Suzuki nex Launching Ceremony



NOName (English)CompanyBusiness Title(English)
1Mr. Masanori AtsumiSUZUKI MOTOR CORPORATIONDIRECTOR AND SENIOR MANAGING OFFICER
EXECUTIVE GENERAL MANAGER
MOTORCYCLE ENGINEERING
2Mr. Kazuhisa TodaSUZUKI MOTOR CORPORATIONEXECUTIVE GENERAL MANAGER
GLOBAL MOTORCYCLE MARKETING
3Mr.Toshikazu YamaokaSUZUKI MOTOR CORPORATIONCHIEF ENGINEER
GROUP MANAGER
MOTORCYCLE PRODUCT / ENGINEERING
PLANNING DEPT
MOTORCYCLE ENGINEERING
4Mr. Hironori IguchiSUZUKI MOTOR CORPORATIONDEPUTY EXECUTIVE GENERAL MANAGER
MOTORCYCLE QUALITY ASSURANCE DEPT.
QUALITY CONTROL
5Mr. Seiji KamadaSUZUKI MOTOR CORPORATIONGROUP LEADER
DEVELOPMENT QUALITY ASSURANCE GROUP
MOTORCYCLE QUALITY ASSURANCE DEPT.
QUALITY CONTROL
6Mr. Yoshinari NinomiyaSUZUKI MOTOR CORPORATIONASSISTANT MANAGER
ENGINE DESIGN GROUP 4
MOTORCYCLE ENGINE DEPT
MOTORCYCLE ENGINEERING
7Mr. Daisuke UchidaSUZUKI MOTOR CORPORATIONASSISTANT MANAGER
BODY DESIGN GROUP 2
MOTORCYCLE ENGINE DEPT
MOTORCYCLE ENGINEERING
8Mr. Mitsuhiro SugimotoSUZUKI MOTOR R&D ASIAPRESIDENT
ENGINEERING DEPARTMENT
9Mr. Nuttapong PissakulSUZUKI MOTOR R&D ASIAASSISTANT CHIEF
EXPEIMENT ENGINEER DEPARTMENT
10Mr. Shinsuke FuruhashiSUZUKI MOTOR R&D ASIAMANAGER
DESIGN DEPARTMENT
11Ms. Jidapha WangkeereeSUZUKI MOTOR R&D ASIASTAFF
DESIGN DEPARTMENT




ARTKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me On Twitter